Strategi perencanaan dalam satuan pendidikan Islam merupakan aspek fundamental dalam meningkatkan efektivitas dan efisiensi pengelolaan lembaga pendidikan. Rencana Strategis (Renstra) dan Rencana Kerja Tahunan (RKT) berperan sebagai dokumen utama yang mengarahkan kebijakan, program, dan langkah-langkah strategi guna mencapai visi dan misi pendidikan Islam sesuai dengan kebijakan nasional. Penelitian ini menggunakan metode penelitian perpustakaan dengan mengkaji berbagai literatur, termasuk regulasi pemerintah, jurnal ilmiah, dan buku akademik terkait strategi manajemen dalam pendidikan. Tujuan penulisan artikel ini untuk menciptakan pemahaman mendalam mengenai penyusunan Renstra dan RKT menjadi kunci dalam mendukung pengelolaan pendidikan yang efektif dan berkelanjutan. Rencana strategi (RENSTRA) fokus pada perencanaan jangka menengah hingga panjang (4–5 tahun) yang mencakup visi, misi, tujuan strategis, serta kebijakan utama lembaga pendidikan. Sementara itu, Rencana kerja tahunan (RKT) merupakan implementasi operasional dari Renstra dalam bentuk program tahunan yang lebih konkret dan terukur. Prinsip-prinsip perencanaan yang diterapkan dalam penyusunan Renstra dan RKT meliputi fleksibilitas, efektivitas, dan efisiensi perencanaan berkualitas yang dapat diterapkan secara nyata. Analisis terhadap dokumen perencanaan ini menunjukkan bahwa pendekatan berbasis analisis lingkungan internal dan eksternal seperti SWOT sangat diperlukan untuk memastikan strategi yang relevan dan berkelanjutan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025