Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan klasifikasi, maksud dan fungsi tindak tutur ilokusi pada iklan produk kosmetik safi Indonesia dalam kanal youtube Safi indonesia periode unggahan 2021 dan 2022. Pada penelitian ini menjadikan setiap tuturan dalam iklan tersebut yang mengandung tindak tutur ilokusi sebagai subjek penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan beberapa teknik, yaitu teknik bebas libat cakap dan teknik catat. Selanjutnya dilakukan teknik tringulasi oleh validator. Teknik analisis yang digunakan yaitu teknik kontekstual. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pada iklan produk kosmetik Safi Indonesia dalam kanal youtube Safi Indonesia periode unggahan 2021 dan 2022 terdapat 4 jenis tindak tutur ilokusi, yaitu 30 data tindak tutur ilokusi Asertif memiliki maksud pernyataan kebenaran dengan fungsi memberi tahu dan mengemukakan pendapat, 12 data tindak tutur ilokusi Direktif memiliki maksud agar mitra tutur melakukan tindakan dengan fungsi memerintah dan meminta, 2 data tindak tutur ilokusi Komisif memiliki maksud agar mitra tutur melakukan sesuatu di masa yang akan datang dengan fungsi menawarkan dan 2 data tindak tutur ilokusi ekspresif memiliki maksud ungkapan perasaan dengan fungsi mengekspresikan kesedihan diri penutur.
Copyrights © 2025