Penelitian ini dilakukan untuk mengavaluasi aktivitas Klinik Kecantikan AYU menggunakan analisis Value Chain untuk melihat keunggulan kompetitifnya. Metode ini membantu mengidentifikasi aktivitas utama dan pendukung yang menciptakan nilai, serta mengevaluasi efektivitas sumber daya dan kapabilitas klinik dalam menghadapi persaingan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus dengan meneliti menggunakan wawancara mendalam dan observasi terhadap kinerja, proses, dan sistem. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keunggulan kompetitif Klinik AYU ada pada aktivitas utama pada sales & marketing serta pada service, sedangkan pada aktivitas pendukungnya terdapat pada Human Resource Management yang didukung dengan kolaborasi dengan e-commerce, pelayanan berkualitas, serta pengelolaan sumber daya manusia yang adaptif. Namun masih banyak pengembangan yang harus dilakukan sehingga penelitian ini merekomendasikan penguatan strategi pemasaran berbasis data, pengembangan teknologi layanan, dan peningkatan kapabilitas sumber daya manusia untuk mencapai keunggulan berkelanjutan.
Copyrights © 2025