Mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) memiliki peran strategis dalam membentuk pemahaman dan apresiasi peserta didik terhadap perjalanan sejarah dan peradaban Islam. Namun, pembelajaran SKI di tingkat Madrasah Ibtidaiyah (MI) masih menghadapi tantangan berupa keterbatasan media visual dan kurangnya kontekstualisasi materi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis Virtual Reality (VR) yang mampu menghadirkan pengalaman belajar imersif dan efektif dalam menyampaikan materi sejarah Islam di Nusantara. Metode yang digunakan adalah model penelitian dan pengembangan ADDIE, yang mencakup tahap Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Validasi oleh ahli materi dan ahli media menunjukkan kelayakan tinggi, masing-masing dengan persentase 86% dan 81%. Uji coba pada siswa menghasilkan skor kepraktisan rata-rata 87%. Efektivitas media dibuktikan melalui peningkatan signifikan hasil belajar kelompok eksperimen dibandingkan kelompok kontrol. Hasil ini menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis VR tidak hanya meningkatkan pemahaman siswa, tetapi juga memberikan alternatif inovatif dalam pembelajaran SKI yang berbasis teknologi dan bernuansa lokal. Media ini dapat direplikasi untuk topik-topik lain dalam pendidikan Islam dasar guna memperkuat kualitas pembelajaran berbasis digital.
Copyrights © 2025