Jurnal Semarak Mengabdi
Vol 4 No 2 (2025): Juli

Pemanfaatan Media Online Digital Marketing dalam Meningkatkan Penjualan Produk Tempe di Desa Penyandingan Kecamatan Kaur Tengah Kabupaten Kaur

Alfatah, Dhika (Unknown)
Ridianto, Ridianto (Unknown)
Romdana, Romdana (Unknown)
Mulyadi, Mulyadi (Unknown)
Hestiana, Agustri (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2025

Abstract

Tempe merupakan produk makanan yang cukup banyak diminati oleh masyarakat baik pada masyarakat pedesaan maupun perkotaan. Tempe termasuk kedalam kelompok bahan pangan pelengkap seperti lauk pauk. Produksi tempe hampir tersebar luas diseluruh wilayah Indonesia karena tempe dapat diolah baik menjadi lauk ataupun sebagai bahan campuran sayur mayur. Minat masyarakat terhadap tempe membuat banyak orang tertarik untuk membuat tempe. Usaha tempe sudah ada sejak dahulu dan masih ada sampai sekarang.Produksinya skala rumah tangga dan menggunakan peralatan sederhana. Proses pemasaran dilakukan secara tradisional dengan langsung ke pasar lokal. Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah memberikan pengetahuan tentang inovasi pemasaran tempe menggunakan media online agar dapat meningkatkan pendapatan. Hasil pengabdian masyarakat yaitu terjadi peningkatan dalam penjualan menggunakan media online, terutama melalui whatsapp, facebook. Peningkatan penjualan juga didukung oleh hygiene sanitasi makanan yang telah dilakukan dengan menjaga kebersihan dan kerapian kemasan tempe. Harga tempe tetap dipertahankan sehingga terjangkau bagi konsumen

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jsm

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal Semarak Mengabdi (Jurnal of Community Service) is a multidisciplinary scientific journal published by STIA Bengkulu. The Semarak Serving Journal is a national standard journal with a main focus on the development of sciences in the field of community service, published twice a year, in ...