Pengaruh Metode Hypnoteaching Terhadap Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPAS Kelas V Sekolah Dasar Khaerunnisa*1, Abdul Malik Ramli2, Sitti Ramlah Dahalu3 1Universitas Negeri Makassar, khaerunnisa@unm.ac.id 2 Universitas Negeri Makassar, abdul.malik.ramli@unm.ac.id3Universitas Negeri Makassar, st.ramlahdahalu@gmail.com khaerunnisa@unm.ac.idPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode hypnoteaching terhadap minat belajar siswa pada mata Pelajaran IPAS kelas V SDN 012 Kanang. Pendekatan yang digunakan yaitu kuantitatif, jenis penelitian eksperimen dengan desain penelitian quasi experiment design. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket dan lembar observasi, dan dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Gambaran pelaksanaan proses pembelajaran dengan menggunakan metode hypnoteaching dapat dikatakan berlangsung dengan baik dengan terdapat peningkatan keterlaksanaan penggunaan metode hypnoteaching, (2) Gambaran minat belajar siswa terlihat dari hasil analisis deskriptif yang menunjukkan bahwa minat belajar siswa pada kelas eksperimen meningkat, (3) terdapat pengaruh penggunaan metode hypnoteaching terhadap minat belajar siswa pada mata Pelajaran IPAS dibuktikan dengan hasil uji hipotesis menggunakan rumus Independent Sample t-Test berbantuan IBM SPSS Statistic.
Copyrights © 2025