Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian one group pre-test dan post-test design yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan video animasi berbasis Powtoon terhadap minat belajar Bahasa Indonesia siswa. Variabel dalam penelitian ini adalah video animasi (variabel bebas), dan minat belajar Bahasa Indonesia (variabel terikat). Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas III SD Inpres 12/79 Cellu I berjumlah 23 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket. Teknik analisis data yaitu analisis deskriptif dan inferensial menggunakan One Group Design. Berdasarkan hasil analisis statistik deskriptif, menunjukkan bahwa terdapat perbedaan minat belajar siswa sebelum dan sesudah penggunaan media video animasi berbasis Powtoon. Hasil pre-test menunjukkan minat belajar siswa berada pada kategori sedang dengan rata-rata (mean) sebesar 46,60. Sedangkan hasil post-test sesudah penggunaan media video animasi berbasis Powtoon berada pada kategori tinggi dengan rata-rata sebesar 62,30. Dengan demikian, terdapat perbedaan minat belajar siswa setelah penggunaan media video animasi. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan video animasi berbasis Powtoon terdapat pengaruh yang signifikan terhadap minat belajar Bahasa Indonesia siswa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025