Pembelajaran masih menggunakan metode ceramah, tanya jawab dan penugasan hal ini dapat menjadikan rendahnya hasil belajar peserta didik. Hasil belajar peserta didik masih rendah, dari 32 peserta didik yang tuntas hanya 22 peserta didik, sedangkan 10 peserta didik belum tuntas. Masalah dalam penelitian ini adalah pemilihan model pembelajaran yang kurang tepat sehingga hasil belajar peserta didik masih rendah. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pada pembelajaran Pendidikan Pancasila setelah diterapkannya Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Berbantuan Media Mejari. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif pre-experimental one-group Pretest-Posttest. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V di SD 3 Glagahwaru yang berjumlah 32 peserta didik yang dimana 19 laki-laki dan 13 perempuan. Penelitian ini menggunakan teknik wawancara, uji normalitas, uji N-Gain Score. Hasil uji N-Gain menunjukkan peningkatan yang signifikan yakni memperoleh nilai rata-rata N-Gain sebesar 0,77 yang berkategori tinggi. Kesimpulannya yaitu terdapat peningkatan hasil belajar siswa setelah model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) berbantuan media Mejari menjadi menarik siswa sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.
Copyrights © 2025