Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi program "PBL at School" dan "PBL at Home" dalam membantu perkembangan keterampilan hidup (life skills) anak usia dini di TK Penyemai. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi yang melibatkan kepala sekolah, guru, orang tua, serta anak-anak di kelompok A dan B. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan program dilakukan secara sistematis dan terstruktur melalui penyusunan kalender pendidikan dan tema kegiatan yang kontekstual. Implementasi program PBL dilakukan bergantian setiap minggu antara di sekolah dan di rumah, dengan guru berperan aktif dalam pelaksanaan di sekolah dan orang tua berperan dalam pendampingan di rumah. Evaluasi program dilakukan secara rutin untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Program ini terbukti dapat menstimulasi berbagai aspek life skills anak, seperti kemandirian, minat belajar, komunikasi, interaksi sosial, aspek perilaku. Kolaborasi antara sekolah dan orang tua menjadi kunci utama keberhasilan program. Program "PBL at School" dan "PBL at Home" memberikan pengalaman belajar yang bermakna, menyenangkan, serta relevan dengan kehidupan nyata anak, sehingga mendukung kesiapan anak menghadapi tantangan abad ke-21.
Copyrights © 2025