JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Implementasi Pembiasaan Positif di Sekolah dalam Mendukung Pendidikan Karakter Siswa SD Negeri Kalipucang Bantul

Yuliana, Indri (Unknown)
Nurizka, Rian (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pembiasaan positif dalam mendukung pendidikan karakter siswa di SD Negeri Kalipucang Bantul. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya nilai-nilai karakter siswa sekolah dasar yang berdampak terhadap adanya kejahatan, kasus kekerasan, pencurian, dan kebiasaan buruk di sekolah. Dengan banyaknya peristiwa buruk tersebut menandakan bahwa diperlukan adanya penanaman nilai-nilai karakter kepada siswa melalui pembiasaan positif di sekolah. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembiasaan positif di SD Negeri Kalipucang Bantul dilaksanakan melalui kegiatan rutin, spontan, teladan, dan terprogram. Nilai-nilai karakter yang ditanamkan meliputi nilai religius, mandiri, gotong royong, bernalar kritis, kreatif, serta berkebhinekaan global, yang ditumbuhkan melalui aktivitas harian maupun program khusus sekolah. Kesimpulannya, pembiasaan positif yang diterapkan di SD Negeri Kalipucang Bantul efektif dalam mendukung pembentukan karakter siswa secara menyeluruh melalui lingkungan sekolah yang konsisten dan kolaboratif.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...