Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa bagaimana implementasian metode pembelajaran berbasis masalah efektif untuk meningkatkan keterampilan berbicara Bahasa Inggris mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Penelitian ini dilaukan terhadap 33 mahasiswa semester 2, kelas D, mata kuliah English for Business, Program Studi Akuntansi Bisnis Digital, Politeknik Negeri Lampung. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi kelas, wawancara semi-terstruktrur, dan dokumentasi tugas speaking, dan dianalisis menggunakan teknik analisis tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah melalui scenario berbasis dunia kerja mampu meningkatkan partisipasi aktif, kepercayaan diri, dan kemampuan berbicara mahasiswa secara signifikan. Sehingga metode pembelajaran berbasis masalah merupakan pendekatan yang efektif untuk mengembangkan ketrampilan komunikasi mahasiswa vokasi, serta mendukung pencapaian kompetensi yang dibutuhkan dalam dunia kerja dan industri.
Copyrights © 2025