JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Pengaruh Penerapan Model Learning Cycle 7E Berkonteks Socio-Scientific Issues (SSI) terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII SMPN 2 Pariaman

Nebila, Tiara (Unknown)
Lestari, Tuti (Unknown)
Azhar, Aulia (Unknown)
Fatmawati, Fatmawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Aug 2025

Abstract

Studi ini mengkaji pengaruh penerapan model Learning Cycle 7E (LC7E) yang dikolaborasikan dengan SSI sebagai konteks dalam pembelajaran terhadap hasil belajar. Desain penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah kuasi-eksperimen dengan kelompok kontrol non-ekuivalen, dan sampel penelitian terdiri dari semua peserta didik kelas tujuh di SMPN 2 Pariaman. Sampel untuk penelitian ini dipilih dengan teknik purposive sampling, yaitu kelas VII.4 dan VII.7. Kelompok eksperimen menggunakan model LC7E yang dikombinasikan dengan konteks SSI selama implementasi. Namun, kelompok kontrol mengikuti pendekatan pengajaran tradisional. Soal pilihan ganda digunakan sebagai alat pra- dan pasca-tes untuk mengumpulkan data dari kedua kelompok. Hasilnya menyoroti perbedaan yang signifikan dalam skor rata-rata peserta didik yang diberi perlakuan dengan model LC7E dengan konteks SSI dan mereka yang diberi perlakuan dengan model konvensional. Uji-t menghasilkan nilai t hitung sebesar 2,581373352, lebih besar daripada nilai t kritis sebesar 2,004879288, sehingga ditolak dan diterima. Implikasinya adalah model Learning Cycle 7E dengan konteks SSI memberikan dampak yang signifikan terhadap prestasi akademik siswa kelas 7 di SMPN 2 Pariaman.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...