JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Komunikasi Instruksional Instruktur Musik dalam Mengajar Anak Berkebutuhan Khusus (Autism) di Sekolah Musik Mutiara Pekanbaru

Prananda, Fatur M. Yusuf (Unknown)
Nurjanah, Nurjanah (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Aug 2025

Abstract

Proses pembelajaran berkaitan dengan komunikasi dimana memiliki peranan penting dalam menyampaikan pesan. Keterbatasan yang dimiliki oleh anak autisme menyebebakan sulitnya proses penyampaian pesan melalui komunikasi, sehingga membutuhkan metode khusus dalam memberikan pembelajaran kepada mereka. Dibutuhkan komunikasi instruksional yang dirancang serta dipola dengan tujuan mengubah perilaku sasaran dalam hal ini anak autisme menjadi lebih baik. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis metode, media, serta hambatan komunikasi instruksional instruktur musik dalam memberikan pembelajaran pada murid autisme di Sekolah Musik Mutiara Pekanbaru. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif yang didukung dengan teori interaksi simbolik. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode komunikasi instruksional yang digunakan melalui metode instruksi terprogram, latihan, simulasi, dan praktek. Media komunikasi instruksional menggunakan media audiovisual, serta hambatan komunikasi instruksionalnya terdiri dari hambatan teknis seperti tidak adanya timbal balik dan hambatan psikologis seperti kondisi mood murid autisme dan juga kesabaran instruktur dalam menghadapi murid autisme.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...