Vifada Journal of Education
Vol. 2 No. 1 (2024): January - June

Pengembangan Sistem Informasi Administrasi Guru di SMK

Nurjannah , Nurjannah (Unknown)
Firman, Firman (Unknown)
Faniarti, Faniarti (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Apr 2024

Abstract

Subjek penelitian ini yakni guru di SMK Negeri 2 Gowa berjumlah 34 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pengembangan SDLC (Sistem Development Life Cycle) dengan tahapan langkah analisis kebutuhan, perancangan, membangun prototype, evaluasi, dan perubahan perancangan. Tahap pengembangan, produk awal sistem informasi administrasi guru di SMK uji kelayakannya dengan cara validasi oleh ahli. Data dianalisis dengan statistik deskriptif, berupa rata-rata dan pengkategorian setiap nilai hasil jawaban responden. Tahap desain meliputi desain alur dan gambaran sistem yang dibuat berupa diagram konteks, data flow diagram, Entitiy Relationship, Use Case Diagram, Diagram interface dan database. Tahap pengkodean dilakukan berdasarkan rancangan desain sistem pada tahap desain menggunakan bahasa program html, php, javascript, jquery+ajax, dan css. Tahap pengujian dilakukan dengan menguji masukan dan keluaran sistem yang dikembangkan menggunakan pengujian blackbox, pengujian kelayakan oleh validator, uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan. Hasil penelitian pada uji kelayakan validasi ahli dengan tiga aspek, pada aspek program dengan kategori sangat baik, aspek content (isi) berada pada kategori sangat baik, aspek pengguna pada kategori sangat baik. Hasil uji coba kelompok kecil pada kategori sangat baik. Hasil uji coba lapangan berada pada kategori sangat baik, sehingga dapat disimpulkan sistem yang dikembangkan efektif. Kepraktisan sistem dilihat dari hasil validasi aspek pengguna, uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan dengan kategori sangat baik, sehingga dapat disimpulkan sistem yang dikembangkan praktis.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

edu

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Other

Description

Focus & Scopes Vifada Journal of Education with ISSN 3021-713X Online, welcome papers from academicians on theories, philosophy, conceptual paradigms, academic research, as well as religion practices. In particular, papers which consider the following general topics are invited.The innovative work ...