Patria Educational Journal
Vol 5 No 1 (2025): Volume 5 Nomor 1 Maret 2025

Refleksi mahasiswa dalam pembelajaran linguistik terapan: Analisis tematik terhadap narasi pembelajar EFL

Nisak, Winda Khoirun (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi narasi reflektif mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa Inggris (EFL) yang mengikuti mata kuliah Linguistik Terapan untuk mengetahui persepsi, pengalaman belajar, dan pemahaman konseptual mereka. Dengan menggunakan analisis tematik Braun dan Clarke, dua belas esai mahasiswa dianalisis untuk mengidentifikasi tema-tema utama. Lima tema utama ditemukan: perubahan persepsi terhadap linguistik terapan, internalisasi konsep linguistik inti, penerapan teori dalam konteks nyata, perkembangan identitas profesional, serta saran untuk perbaikan pedagogis. Temuan menunjukkan bahwa penulisan reflektif mendukung keterlibatan kognitif, pertumbuhan emosional, dan transfer pengetahuan teoretis ke dalam praktik pengajaran. Mahasiswa tidak hanya menunjukkan pemahaman yang lebih baik terhadap topik kompleks seperti SLA, interlanguage, dan pragmatik, tetapi juga mampu menjelaskan bagaimana wawasan tersebut memengaruhi keyakinan dan strategi mengajar mereka. Studi ini menekankan pentingnya pedagogi reflektif dalam membangun agensi guru dan merekomendasikan refleksi sebagai alat transformatif dalam pendidikan linguistik.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pej

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Patria Educational Journal (PEJ) adalah jurnal penelitian peer-review dengan sistem akses terbuka yang diterbitkan oleh oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Nahdlatul Ulama Blitar,. Patria Educational Journal menyediakan platform yang menyambut dan mengakui artikel ilmiah ...