Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran pendidikan jasmani dalam membangun karakter dan keterampilan sosial siswa di SMP Negeri 2 Sinjai. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif untuk memahami secara mendalam implementasi pembelajaran pendidikan jasmani dalam pembentukan karakter siswa. Subjek penelitian terdiri dari 120 siswa kelas VII dan VIII, 3 guru pendidikan jasmani, dan kepala sekolah. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara mendalam, dokumentasi, dan angket. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan jasmani memiliki peran signifikan dalam membangun karakter siswa meliputi disiplin (85%), kerja sama (82%), sportivitas (78%), dan tanggung jawab (80%). Keterampilan sosial yang berkembang mencakup komunikasi efektif (79%), kepemimpinan (75%), empati (77%), dan kemampuan beradaptasi (81%). Faktor pendukung meliputi sarana prasarana memadai, kompetensi guru, dan dukungan sekolah. Hambatan yang dihadapi adalah keterbatasan waktu pembelajaran dan heterogenitas kemampuan siswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pendidikan jasmani terbukti efektif sebagai media pembentukan karakter dan pengembangan keterampilan sosial siswa melalui aktivitas olahraga yang terstruktur dan terintegrasi.
Copyrights © 2023