Artikel ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan keterampilan proses ipa dalam upaya peningkatan motivasi dan kreativitas belajar siswa di smp bakti idhata jakarta selatan dengan sampel sebanyak 40 siswa tahun ajaran 2024/2010. Sampel diambil dengan teknik random sederhana. Data tentang pengembangan Keterampilan Proses IPA dikumpulkan dengan tes, sedangkan data tentang Motivasi dan Kreativitas Belajar dikumpulkan dengan menggunakan instrument berbentuk angket. Analisis data dilakukan dengan analisis regresi dan korelasi. Data ini menunjukkan bahwa : (1). Terdapat pengaruh pengembangan keterampilan proses IPA terhadap Kreativitas Belajar, (dengan persamaan regesi dan koefisien korelasi ry1 = 0,634, (2) terdapat pengaruh motivasi terhadap kreativitas belajar ( dengan persamaan regresi dan koefisien korelasi ry2 = 0,55), dan (3) terdapat pengaruh keterampilan proses IPA dan Motivasi Belajar Siswa secara bersama-sama terhadap Kreativitas Belajar (dengan persamaan regresi dengan koefisien korelasi Ry12 = 0,935).Penelitian ini menyimpulkan bahwa pengembangan Keterampilan Proses IPA dan Motivasi dapat meningkatkan Kreativitas Belajar. Kata kunci: Keterampilan Proses IPA,Kreativitas Belajar siswa
Copyrights © 2025