Terminal Latambaga merupakan salah satu terminal yang ada di Kabupaten Kolaka yang salah satu fungsinya adalah sebagai tempat pergantian moda angkutan kendaraan. Sebagai salah satu terminal yang ada di Kabupaten Kolaka proses pelayanan Terminal latambaga terhadap pengguna, masih jauh seperti yang diharapkan atau distandarkan oleh pemerintah. Minimnya fasilitas, banyaknya pelangaran-pelangaran yang sering terjadi serta kurangnya perhatian dari pemerintah yang menjadi masalah utama pada Terminal Latambaga. Penelitian ini bertujuan agar dapat memberikan gambaran dan penilaian tentang pelayanan dan kinerja Terminal Latambaga. Dengan demikian diharapkan dapat memberikan saran atau gagasan kepada pihak pengambil keputusan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode observasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan survei lapangan tentang luasan terminal, jumlah kendaraan, jumlah penumpang pada rute jaringan trayek. Berdasarkan hasil survei, kinerja Terminal Latambaga masih perlu dievaluasi lagi terutama pada area parkir, fasilitas utama dan penunjang, rambu-rambu lalu lintas, proses bongkar muat barang atau penumpang, dan perlunya penambahan armada angkutan.
Copyrights © 2025