Jurnal Sistem Informasi dan Manajemen
Vol 12 No 3 (2025): Volume 12 Nomor 3 2025

ANALISIS PENGARUH MEDIASI KOMITMEN ORGANISASI PADA PENGEMUDI OJEK ONLINE

Farid, Ridhayati (Unknown)
Yuswardi, Yuswardi (Unknown)
Angeline, Angeline (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Aug 2025

Abstract

ABSTRAK Di tengah kemajuan teknologi dan digitalisasi, layanan transportasi online menjadi kebutuhan esensial di Kota Batam, mendukung mobilitas dan menciptakan lapangan kerja. Namun, stres kerja dan ketidakpastian kesejahteraan menjadi tantangan serius yang mengancam kesehatan dan kinerja pengemudi ojek online. Penelitian ini menganalisis pengaruh stres kerja dan pemberian reward terhadap komitmen organisasi dan kinerja pengemudi, serta mengevaluasi peran mediasi komitmen organisasi. Tujuan penelitian adalah memberikan wawasan bagi perusahaan transportasi online dalam meningkatkan kesejahteraan dan efektivitas kerja pengemudi. Populasi penelitian ini adalah pengemudi ojek online di Kota Batam dengan jumlah tidak diketahui, sehingga digunakan metode rasio 1:10 untuk menentukan jumlah sampel berdasarkan 26 butir pertanyaan, menghasilkan total 260 responden. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner cetak yang diisi secara langsung dan kemudian diinput ke Google Form. Analisis data menggunakan Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Hasil menunjukkan bahwa stres kerja berdampak negatif signifikan terhadap kinerja, sementara reward berpengaruh positif terhadap kinerja dan komitmen organisasi. Namun, komitmen organisasi tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja maupun sebagai mediator hubungan antara stres kerja, reward, dan kinerja.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jursima

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal ini merupakan sarana untuk mempublikasikan hasil penelitian orisinil yang berhubungan dengan sistem informasi dan komunikasi, sistem komputer, manajemen informatika serta bidang-bidang terkait lainnya. Adapun ruang lingkup jurnal JURSIMA ini meliputi: Manajemen E-Business dan E-Commerce ...