Prospek: Jurnal Manajemen dan Bisnis
Vol. 7 No. 2 (2025)

Pengaruh Family Business Background dan Kecerdasan Emosional terhadap Minat Berwirausaha pada Mahasiswa Program Studi S1 Manajemen Universitas Pendidikan Ganesha

Natasya, Desak Kadek Cristhine (Unknown)
Mayasari, Ni Made Dwi Ariani (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan menguji dan menganalisis pengaruh family business background dan kecerdasan emosional terhadap minat berwirausah pada mahasiswa Program Studi S1 Manajemen Universitas Pendidikan Ganesha. Penelitian ini dilakukan dengan metode survei dan bersifat kuantitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada responden yaitu mahasiswa Program Studi S1 Manajemen Universitas Pendidikan Ganesha Angkatan 2021. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 107 responden dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data diolah dengan analisis regresi linier berganda dengan batuan SPSS for Windows 27.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) family business background berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha, 2) kecerdasan emosional berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha, 3) family business background dan kecerdasan emosional berpengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha mahasiswa Prodi S1 Manajemen Undiksha. Oleh karena itu, dengan adanya dorongan dari family business background dan peningkatan kecerdasan emosional, mahasiswa akan meningkatkan minat berwirausaha. Sehingga diperlukan bimbingan konseling bagi mahasiswa yang bisa didapatkan dari peran orang tua sebagai role model dan universitas.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

Prospek

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

Prospek: Jurnal Manajemen dan Bisnis is an open journal for every article related to Human Resource Management, Financial Management, Marketing Management, Strategic Management, Organizational Behavior, Operations Management, Change Management, Management of Sharia, Knowledge Management, ...