Komunikasi matematis memegang peranan penting dalam pembelajaran matematika. Melalui komunikasi, guru dapat menciptakan pembelajaran matematika yang komunikatif yang mendorong pada pengembangan pemahaman matematis siswa. Komunikasi matematis merupakan proses menyampaikan dan menerima ide atau pikiran matematis dalam proses pembelajaran.  Dalam tulisan ini, penulis menyajikan tentang pengertian kemampuan komunikasi matematis, strategi-strategi yang dapat dilakukan guru untuk mengembangkan komunikasi matematis dalam proses pembelajaran beserta aspek-aspek yang harus diperhatikan. Adapun aspek-aspek tersebut meliputi sistematika, kelengkapan, kelancaran, keakuratan dalam menjelaskan materi pembelajaran, dan fokus materi pembelajaran; kelengkapan dan fokus tugas yang diberikan kepada siswa; memperhatikan ungkapan-ungkapan verbal dan non verbal siswa siswa;  kelengkapan, kelancaran, dan keakuratan  respon (jawaban) terhadap kesulitan yang dihadapi siswa; kelengkapan, kelancaran dan keakuratan dalam memberikan respon terhadap ide atau strategi penyelesaian siswa
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025