Penelitian ini dapat bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Cooperative Integrated Reading and Composition berbantuan media Youtube CNN Indonesia terhadap kemampuan menulis teks berita pada siswa kelas XI SMA Negeri 2 Magelang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan desain pretest dan posttest kontrol group yang terdapat dua kelompok sampel. Kelas eksperimen yaitu kelas yang diberikan perlakuan menggunakan metode CIRC berbantuan media Youtube CNN, sedangkan kelas kontrol menggunakan metode ceramah. Instrument tersebut telah divalidasi dan memperoleh hasil reabilitas sebesar 0,777 yang artinya instrument tersebut reliabel. Data dianalisis menggunakan uji independent sampel t test dengan bantuan program SPSS versi 27. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat peningkatan yang signifikan pada siswa kelas eksperimen dengan rata-rata nilai pretest 67,76 menjadi 84,98 dengan nilai t hitung sebesar 14,045 > t tabel sebesar 1,996. (2) Tidak terdapat peningkatan yang signifikan pada kelas kontrol dengan rata-rata nilai pretest sebesar 62,71 menjadi 63,59 dengan jumlah t hitung 572 < ttabel 1,996. (3) Terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil posttest kelas kontrol dan eksperimen dengan nilai t hitung 14,130 > t tabel 1,996. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode CIRC berbantuan media Youtube CNN Indonesia berpengaruh terhadap kemampuan menulis teks berita pada siswa kelas XI SMA Negeri 2 Magelang.Kata kunci: CIRC, media audiovisual, kemampuan menulis.
Copyrights © 2025