Keterampilan menulis merupakan salah satu kompetensi penting dalam pembelajaranBahasa Indonesia di jenjang SMA. Namun, hasil observasi di SMA Negeri 1 Salaman menunjukkan masih rendahnya kemampuan menulis peserta didik, khususnya dalam menulis teks berita.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model Project Based Learning (PjBL)berbasis budaya lokal Magelang terhadap keterampilan menulis teks berita siswa Fase F1. Metode yang digunakan adalah kuasi-eksperimen dengan desain pretest-posttest control group. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas F1.3 sebagai kelas eksperimen dan kelas F1.4 sebagai kelas kontrol, masing-masing berjumlah 35 peserta didik. Instrumen yang digunakan meliputi testulis, angket, observasi, dan wawancara. Hasil analisis data menggunakan SPSS 24.0menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara hasil posttest kedua kelas (Sig. 0,043< 0,05), serta nilai N-Gain kelas eksperimen (0,3068) lebih tinggi dibanding kelas kontrol(0,1180). Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa model PjBL berbasis budaya lokal Magelangterbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis teks berita. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap pengembangan model pembelajaran kontekstual yang mengintegrasikan budaya lokal serta mendukung implementasi Kurikulum Merdeka secara optimal. Kata kunci: Project Based Learning, budaya lokal, teks berita, keterampilan menulis, Kurikulum Merdeka.
Copyrights © 2025