Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 03 (2025): Volume 10 No. 03 September 2025 In Press

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA WORDWAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS VI DI SD MURNI PADANG

Wilda Hariani Putri (Unknown)
Zelhendri Zen (Unknown)
Syafril (Unknown)
Nofri Hendri (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Aug 2025

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan media Wordwall terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPAS materi Rotasi dan Revolusi Bumi di SD Murni Padang, Kota Padang. Metode pada penelitian ini adalah metode kuantitatif, desain penelitian yang digunakan yaitu quasi eksperimenal dengan rancangan penelitian Post test Only Control Design. Pengumpulan data dilakukan dengan obserasi dan tes tulis. Analisis data dengan Uji t (Independent Sample t-test). Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa setelah melakukan pembelajaran menggunakan Wordwall dengan hasil belajar siswa berdasarkan rata-rata nilai posttest untuk kelas eksperimen sebesar 82,77 dan kelas kontrol sebesar 66,72. Dari analisis uji hipotesis menggunakan uji t di peroleh = 4,638 > 2,021. Hal ini berarti menunjukkan terdapat perbedaan nilai posttest yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media Wordwall terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS kelas VI di SD Murni Padang.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...