Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 03 (2025): Volume 10 No. 3 September 2025

Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Narasi Melalui Model Cooperative Learning Tipe Think Pair Share Berbantuan Media Gambar Berseri Pada Kelas IV

ranti dwi agustin (Unknown)
Uswatun Hasanah (Unknown)
Anggi Citra Apriliana (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis teks narasi siswa kelas IV melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) berbantuan media gambar berseri. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya kemampuan siswa dalam menulis teks narasi yang sesuai dengan struktur dan kaidah kebahasaan. Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas IV yang berjumlah 32 orang. Model penelitian tindakan kelas yang digunakan adalah model Kemmis dan MC. Taggart, yang terdiri dari dua siklus dengan tahapan yaitu perencanaan, tindakan dan pengamatan, refleksi. Data penelitian terdiri dari data proses dan data hasil belajar peserta didik. Pada siklus I, ketuntasan belajar meningkat menjadi 66%, meskipun belum memenuhi indikator keberhasilan minimal 80%. Setelah perbaikan pada siklus II, ketuntasan meningkat menjadi 87,5%, dengan peningkatan total sebesar 56,5% dari pra-siklus. Selain itu, skor keterlaksanaan tindakan guru meningkat dari 86,6% menjadi 100%, dan aktivitas siswa meningkat dari 78,3% menjadi 98,3%. Hasil ini menunjukkan bahwa penerapan model Think Pair Share mampu menciptakan pembelajaran yang aktif, kolaboratif, dan menyenangkan, serta efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis narasi siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...