Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 03 (2025): Volume 10 No. 3 September 2025 In Order

STRATEGI PENINGKATAN MUTU SEKOLAH MELALUI PERENCANAAN, SUPERVISI, DAN PEMBIAYAAN PENDIDIKAN DI SMP NEGERI 4 BALIKPAPAN: STRATEGI PENINGKATAN MUTU SEKOLAH MELALUI PERENCANAAN, SUPERVISI, DAN PEMBIAYAAN PENDIDIKAN DI SMP NEGERI 4 BALIKPAPAN

ruszayanthi, dinda (Unknown)
Muji Rahayu (Unknown)
Azizah Ramadhanti (Unknown)
Prof. Dr. Warman, M.Si (Unknown)
Dr. Masrur Yahya, M.Hum (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi peningkatan mutu sekolah melalui perencanaan pendidikan, supervisi, dan pengelolaan pembiayaan di SMP Negeri 4 Balikpapan. Menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan sekolah dilaksanakan secara kolaboratif dengan melibatkan kepala sekolah, guru, dan komite sekolah, serta didasarkan pada evaluasi diri dan rapor mutu sekolah. Supervisi dilakukan dalam dua bentuk, yaitu supervisi akademik yang berfokus pada observasi kelas dan pembinaan guru, serta supervisi manajerial untuk memantau pelaksanaan program sekolah agar sesuai dengan rencana strategis. Sementara itu, pembiayaan sekolah dikelola secara transparan dan akuntabel, dengan sumber utama berasal dari Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan dukungan dari pemerintah daerah. Dana tersebut digunakan untuk mendukung proses pembelajaran, pengembangan fasilitas sekolah, dan kegiatan ekstrakurikuler. Namun demikian, pelaksanaan strategi ini masih menghadapi beberapa tantangan seperti keterbatasan anggaran, rendahnya keterlibatan orang tua, serta ketimpangan kompetensi guru dalam mengintegrasikan teknologi ke dalam pembelajaran. Meskipun demikian, hasil penelitian menekankan bahwa keberhasilan peningkatan mutu sekolah sangat bergantung pada sinergi antara perencanaan berbasis data, supervisi yang konsisten, dan pengelolaan keuangan yang transparan. Penguatan kolaborasi antar pemangku kepentingan serta peningkatan kapasitas sumber daya sekolah menjadi kunci penting dalam mengatasi tantangan dan mewujudkan mutu pendidikan yang berkelanjutan. Kata Kunci: Mutu Pendidikan, Perencanaan Sekolah, Supervisi, Pembiayaan Pendidikan, Manajemen Sekolah.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...