Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol. 5 No. 2 (2025): July

Improving Mathematical Literacy Skills of Grade X Vocational Students Through Project Based Learning

Nasution, Nur Elisah (Unknown)
Reflina, Reflina (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan literasi matematika siswa kelas X SMKN 1 Aek Nabara Barumun melalui model Project-Based Learning (PjBL). Menggunakan desain one group pretest-posttest, intervensi dilakukan selama empat pertemuan pada semester genap 2024/2025 dengan 16 siswa. Hasil analisis menunjukkan peningkatan signifikan skor pretest ke posttest, dengan rata-rata N-Gain sebesar 0,57 (kategori sedang). Temuan ini menunjukkan efektivitas PjBL dalam mendorong pembelajaran aktif dan pemecahan masalah, serta layak dipertimbangkan sebagai alternatif pendekatan oleh guru matematika di SMK. This study aims to improve the mathematical literacy of tenth-grade students at SMKN 1 Aek Nabara Barumun through the Project-Based Learning (PjBL) model. Using a one-group pretest-posttest design, the intervention was conducted over four meetings in the even semester of 2024/2025 with 16 students. The analysis showed a significant increase in pretest-posttest scores, with an average N-Gain of 0.57 (moderate category). These findings demonstrate the effectiveness of PjBL in encouraging active learning and problem-solving, and are worthy of consideration as an alternative approach for mathematics teachers in vocational high schools.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

plusminus

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika (p-ISSN: 2798-2904 & e-ISSN: 2798-2798) mempublikasikan artikel ilmiah hasil penelitian dalam bidang pendidikan matematika yang belum pernah dipublikasikan. Penulis dapat berasal dari berbagai level, seperti mahasiswa (S1, S2, S3), guru, dosen, praktisi, ...