Journal of Classroom Action Research
Vol. 7 No. 3 (2025): Agustus 2025

Pengembangan Media Pembelajaran Monopoli Keranu Pada Materi Daerah Kebanggaanku Kelas V SDN Tandek Lombok Tengah

Shafira, Dwi (Unknown)
Dewi, Nurul Kemala (Unknown)
Rahmatih, Aisa Nikmah (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya variasi media pembelajaran pada mata pelajaran IPS yang berdampak pada kurang optimalnya proses pembelajaran. Kondisi ini menyebabkan rendahnya partisipasi peserta didik dalam proses pembelajaran. Selain itu, penelitian ini juga dilaksanakan untuk menyempurnakan penelitian terdahulu terkait pengembangan media monopoli. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media Monopoli Keranu (keragaman nusantara) pada materi daerah kebanggaanku kelas V SDN Tandek yang Valid dan Praktis. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian research and development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Lokasi penelitian yaitu di SDN Tandek dengan subjek penelitian siswa kelas V yang berjumlah 21 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar validasi ahli materi, ahli media, angket respon guru dan siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis data dekskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran monopoli keranu mendapat persentasi kevalidan sebesar 95% dengan kategori sangat valid oleh ahli media dan 95% dengan kaegori sangat valid oleh ahli materi. Persentase kepraktisan 90,6% dengan kategori sangat praktis dari hasil uji kelompok kecil, dan 89% dengan kategori sangat prakis dari hasil uji kelompok besar. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran monopoli keranu sudah layak dari aspek valid dan praktis untuk digunakan sebagai media pembelajaran pada materi daerah kebanggaanku kelas V SDN Tandek.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jcar

Publisher

Subject

Education Other

Description

Journal of Classroom Action Reseach (Jurnal Penelitian Tindakan kelas) e-ISSN:2656-2340 , p-ISSN: 2656-3460 adalah jurnal yang memuat artikel hasil penelitian-penelitian kelas baik dari kalangan guru, dosen, maupun dari hasil penelitian mahasiswa. Journal of Classroom Action Reseach merupakan salah ...