UMKM merupakan usaha mikro kecil menengah yang dapat menyerap banyak tenaga kerja. UMKM di Indonesia khususnya UMKM di bidang makanan/kulier sedang dalam trend yang positif dengan jumlahnya yang terus bertambah setiap tahunnya Peningkatan ini menimbulkan persaingan pasar yang semakin ketat, sehingga para pelaku UMKM harus menghadapi berbagai peluang maupun ancaman serta menuntut para pengusaha untuk menggunakan berbagai strategi agar bisa bertahan bahkan berkembang di tengah persaingan pasar yang semakin ramai. Sehigga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh market orientasi, strategi bersaing, dan marketing service terhadap kinerja pemasaran UMKM di Bangkinang Kota. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan teknik purposive sampling. Populasi yang digunakan 1.502 dengan jumlah sampel 100 responden. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial dan simultan variabel market orientasi, strategi bersaing, dan marketing service berpengaruh signifikan terhadap kinerja pemasaran UMKM yang ada di Bangkinang Kota. Dan nilai koefisien korelasi (R) adalah 0,748 menunjukkan bahwa nilai tersebut memiliki tingkat hubungan antara variabel. Berarti kemampuan variabel bebas dalam menjelaskan variabel terikatnya sebesar 74,80%.
Copyrights © 2025