Benefit : Journal of Bussiness, Economics, and Finance
Vol. 3 No. 2 (2025): BENEFIT: Journal Of Business, Economics, and Finance

Pengaruh Market Orientasi, Strategi Bersaing, dan Marketing Service terhadap Kinerja Pemasaran UMKM di Bangkinang Kota

Agustina, Leni (Unknown)
Samsurijal, Samsurijal (Unknown)
Sari, Efti Novita (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Aug 2025

Abstract

UMKM merupakan usaha mikro kecil menengah yang dapat menyerap banyak tenaga kerja. UMKM di Indonesia khususnya UMKM di bidang makanan/kulier sedang dalam trend yang positif dengan jumlahnya yang terus bertambah setiap tahunnya Peningkatan ini menimbulkan persaingan pasar yang semakin ketat, sehingga para pelaku UMKM harus menghadapi berbagai peluang maupun ancaman serta menuntut para pengusaha untuk menggunakan berbagai strategi agar bisa bertahan bahkan berkembang di tengah persaingan pasar yang semakin ramai. Sehigga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh market orientasi, strategi bersaing, dan marketing service terhadap kinerja pemasaran UMKM di Bangkinang Kota. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan teknik purposive sampling. Populasi yang digunakan 1.502 dengan jumlah sampel 100 responden. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial dan simultan variabel market orientasi, strategi bersaing, dan marketing service berpengaruh signifikan terhadap kinerja pemasaran UMKM yang ada di Bangkinang Kota. Dan nilai koefisien korelasi (R) adalah 0,748 menunjukkan bahwa nilai tersebut memiliki tingkat hubungan antara variabel. Berarti kemampuan variabel bebas dalam menjelaskan variabel terikatnya sebesar 74,80%.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

benefit

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

Benefit: Journal of Business, Economics, and Finance aims to facilitate and promote the inquiry into and dissemination of research results on business, economy, and finance fields. The scope of our Journal Includes: Business Management, Business Economics, Digital Business, Public Economics, ...