Proceeding Seminar Nasional IPA
2025

PENGARUH TPACK DALAM PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA KELAS MULTISUBJEK TERHADAP PARTISIPASI BELAJAR SISWA DI LC LUMADAN BEUFORT SABAH MALAYSIA

Nurani, Novian Fitri (Unknown)
Sukaesih, Sri (Unknown)
Dewi, Novi Ratna (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh implementasi TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge) dalam pembelajaran berdiferensiasi pada kelas multisubjek terhadap partisipasi belajar siswa di LC Lumadan Beufort, Sabah, Malaysia. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus melalui triangulasi data yaitu observasi dari guru, wawancara kepada sampel siswa dan refleksi di akhir kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan TPACK dapat meningkatkan partisipasi siswa dalam kegiatan belajar. Hal ini diperlihatkan melalui hasil pengamatan partisipasi belajar siswa baik secara verbal maupun non verbal. Kegiatan pembelajaran yang melibatkan proyek ecoprint memberikan pengalaman baru serta mendorong siswa untuk berinovasi dan berkolaborasi. Selain itu, aspek ketepatan waktu dalam pengumpulan tugas juga menunjukkan tingkat partisipasi yang tinggi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pendekatan TPACK dalam pembelajaran berdiferensiasi dapat menciptakan lingkungan belajar yang lebih aktif dan menarik, sehingga meningkatkan motivasi dan partisipasi siswa dalam proses belajar. Hasil penelitian ini dapat menjadi acuan bagi pendidik dalam merancang pembelajaran yang lebih efektif dan menarik di kelas multisubjek.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

snipa

Publisher

Subject

Education

Description

Proceeding Seminar Nasional IPA berisi artikel yang bertema inovasi pembelajaran IPA, penelitian dibidang IPA dan ilmu lingkungan yang berasal dari kegiatan Seminar Nasional IPA. Kegiatan Seminar Nasional IPA sendiri merupakan kegiatan yang diselengarakan oleh Jurusan IPA Terpadu UNNES dengan ...