KADIKMA
Vol. 16 No. 1 (2025): APRIL, 2025

IDENTIFIKASI PERSEPSI LITERASI MATEMATIKA GURU SMP DI YOGYAKARTA: TANTANGAN DAN PELUANG

Melissa, Margaretha Madha (Unknown)
Niluh Sulistyani (Unknown)
Kintan Limiansih (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 May 2025

Abstract

Hasil PISA menunjukkan bahwa skor literasi matematika siswa Indonesia secara konsisten berada di bawah rata-rata negara peserta OECD, sehingga perlu perhatian lebih dari guru dan siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan persepsi guru terhadap literasi matematika. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan melibatkan 181 guru matematika SMP di Yogyakarta, dengan teknik voluntary sampling. Instrumen angket digunakan untuk mengetahui pemahaman guru dan pentingnya literasi matematika, serta kualitas literasi matematika siswa. Kesimpulan penelitian ini yaitu 1) sebanyak 71% guru telah mengenal konsep literasi matematika, namun 39% guru masih merasa ragu-ragu atau belum mengenal; 95% guru setuju bahwa literasi matematika penting dikembangkan di sekolah; hanya 38% guru yang mengetahui kualitas literasi matematika siswa. 2) Tantangan dalam pengembangan literasi matematika dari faktor guru adalah pemahaman dan pentingnya pengembangan literasi matematika, serta banyak guru belum mengetahui kualitas literasi matematika siswa, kesulitan dalam mengklasifikasikan konten literasi matematika. Peluang untuk mengatasinya melalui upaya pemberian contoh pembelajaran literasi dari pemerintah, penggunaan soal diagnostik seperti AKM, integrasi literasi matematika dalam berbagai mata pelajaran, penerapan pembelajaran berbasis masalah dan proyek, lingkungan belajar yang mendukung, pemodelan pemecahan masalah, pembelajaran kontekstual, inkuiri, soal berbasis budaya, dan pemanfaatan media pembelajaran interaktif.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

kadikma

Publisher

Subject

Mathematics

Description

KadikmA (p-ISSN: 2085-0662 dan e-ISSN: 2686-3243) adalah jurnal nasional bidang Matematika dan Pendidikan Matematika yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Jember. Kadikma terbit 3 kali dalam setahun pada bulan April, Agustus dan Desember. Jurnal Matematika dan ...