Artikel ini merangkum kegiatan pendampingan keterampilan membaca teks naratif menggunakan metode Project Based Learning (PBL) di SMA Negeri 07 Seluma. Sekolah ini terletak di Desa Rimbo Kedui, Kec. Seluma Selatan, Kab. Seluma Prov. Bengkulu yang berjarak sekitar 55.3 Km dari kota Bengkulu dengan jarak tempuh 1 jam 18 menit. Secara umum sekolah yang terakreditasi B ini telah memiliki sarana dan prasarana yang memadai serta sistem dan tata kelola yang baik. Namun perlu ditingkatkan literasi siswa terutama dalam bahasa asing. Pembelajaran bahasa Inggris diampu oleh dua orang guru untuk semua kelas dari kelas X sd. XII. Sementara kurikulum yang digunakan adalah Kurikulum Merdeka untuk kelas X dan XI, K13 untuk kelas XII. Kemampuan berbahasa Inggris siswa, terutama dalam bidang reading masih tergolong lemah menurut pengakuan guru bahasa Inggris setempat. Mempertimbangkan hal tersebut, tim dosen dan mahasiswa Prodi Sastra Inggris Universitas Bengkulu berinisiatif untuk memberikan pendampingan dalam melatih kemampuan reading comprehension siswa SMA Negeri 07 Seluma dengan berbasis PBL menggunakan teks naratif agar menarik minat siswa. Kegiatan bertujuan meningkatkan pemahaman siswa terhadap teks naratif, mengembangkan keterampilan analisis, kritis, dan kolaborasi melalui partisipasi dalam proyek PBL. Hasil evaluasi menunjukkan pencapaian positif, termasuk peningkatan pemahaman siswa, kreativitas dalam produk akhir, dan keterlibatan yang lebih tinggi dalam pembelajaran.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024