Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implikasi penerapan Kurikulum Merdeka terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di SMP Negeri Kabupaten Lombok Utara. Kurikulum Merdeka, yang diinisiasi oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia, bertujuan untuk memberikan fleksibilitas dalam pembelajaran agar sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan melibatkan 120 siswa dari beberapa SMPN di Kabupaten Lombok Utara yang telah mengimplementasikan Kurikulum Merdeka. Hasil penelitian menunjukkan adanya dampak positif pada prestasi belajar siswa, dengan rata-rata nilai prestasi belajar IPS sebesar 84,72, menunjukkan pemahaman yang baik di sebagian besar siswa. Analisis regresi linear menunjukkan adanya hubungan signifikan antara penerapan Kurikulum Merdeka dan peningkatan prestasi belajar IPS, khususnya pada aspek linearitas. Meskipun terdapat variasi dalam prestasi siswa, secara keseluruhan, Kurikulum Merdeka memberikan kontribusi positif terhadap hasil belajar, dengan dampak yang signifikan pada prestasi di mata pelajaran IPS. Oleh karena itu, penerapan Kurikulum Merdeka dapat dianggap efektif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024