FONDASI: Jurnal Pendidikan Dasar
Vol. 1 No. 1 (2025): FONDASI: Jurnal Pendidikan Dasar

Pengaruh Penggunaan Media Pop Up Book Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas III pada Mata Pelajaran IPS di SDN 1 Mangkung

Wahyuni, Baiq Feni (Unknown)
Wijaya, Hadi (Unknown)
Aziz, Lalu Abdul (Unknown)
Mukminah, Mukminah (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pertama apakah pengaruh media pop up book  terhadap pretasi belajar siswa kelas III mata pelajaran IPS di SDN 1 Mangkung. Kedua bagaimana pengaruh media pop up book  terhadap pretasi belajar siswa kelas III mata pelajaran IPS di SDN 1 Mangkung. Penelitian ini meryupakan penelitian kuantitatif dengan quasi eksperimen grup design eksperimen control. dengan jumlah sampel masing 20 siswa dengan populasi 28 siswa di setiap kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam 4 kali pertemuan, instrumen dalam penelitian ini menggunakan 4 instrumen yaitu  observasi, angket, tes, dan dokumentasi. Data diperoleh lalu dianalisis dengan analisis deskiptif statistic lalu kemudian analisis uji-t menggunakan model paired simple test dengan kriteria sig <0.05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, pertama hasil analisis pengaruh media pop up book terhadap prestasi belajar siswa menggunakan uji paired simple t test dalam aplikasi SPSS versi 26 maka H0 ditolak dan Ha diterima yang berarti terdapat pengaruh media pop up book terhadap prestasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa kelas III di SDN 1 Mangkung. Kedua untuk mengetahu bagaimana minat belajar siswa dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar IPS karena 1) media pop up book dapat membangkitkan minat belajar siswa, 2) media pop up book dapat mempermudah siswa memguasai pembelajran, 3) media pop up book membuat pembelajaran lebih bermakna.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

fondasi

Publisher

Subject

Education Other

Description

FONDASI: Jurnal Pendidikan Dasar is published by Gema Cendekia Institute, Indonesia that writing conceptual notions, studies and application of theories, practitioners writing and research results and teaching in the field of knowledge elementary education. FONDASI welcomes and recognizes high ...