AIJER: Algazali International Journal Of Educational Research
Vol. 7 No. 2 (2025): APRIL (2025)

Penerapan Teknik Mind Mapping untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Narasi pada Siswa Kelas VII MTs Darusshalihin Soppeng

Nuraini, Nuraini (Unknown)
Muhlis, Muhlis (Unknown)
Ebe, Andi (Unknown)
Anies, Siti Hasriyati (Unknown)
Umar, Ratnawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2025

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis narasi siswa kelas VII melalui penerapan teknik mind mapping. Metode penelitian yang digunakan adalah siklus tindakan yang meliputi perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII MTs Darusshalihin Soppeng. Data dikumpulkan melalui tes menulis narasi sebelum dan sesudah tindakan dan observasi aktivitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam kemampuan menulis narasi siswa setelah penerapan mind mapping. Rata-rata nilai tes menulis narasi siswa meningkat dari 74,6 menjadi 87,5. Observasi menunjukkan siswa lebih aktif dan terstruktur dalam mengembangkan ide. Penerapan teknik mind mapping efektif dalam meningkatkan kemampuan menulis narasi siswa kelas 7. Teknik ini membantu siswa dalam mengorganisasi ide, mengembangkan alur cerita, dan meningkatkan kreativitas dalam menulis. Kata kunci: Teknik mind mapping, Keterampilan menulis

Copyrights © 2025