Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah bahwa banyak siswa belum mengetahui karier masa depan mereka. Salah satu faktor yang mempengaruhi keputusan karier adalah kematangan emosi. Penelitian ini bertujuan untuk: mendeskripsikan kematangan emosi dan keputusan karier siswa, mengetahui hubungan antara kematangan emosi dengan keputusan karier siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif korelasional. Sampel penelitian ini sebanyak 174 siswa yang dipilih dengan menggunakan teknik proportional random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu instrumen kematangan emosi dan instrumen keputusan karier. Hasil penelitian ini menunjukkan: kematangan emosi pada siswa SMKN 4 Padang secara umum berada pada kategori tinggi, keputusan karier pada siswa SMKN 4 Padang secara umum berada pada kategori tinggi dan terdapat hubungan positif signifikan antara kematangan emosi dengan keputusan karier siswa SMKN 4 Berdasaarkan hasil penelitian guru BK dapat memberikan layanan informasi, layanan konseling individual dan bimbingan kelompok untuk membantu siswa yang mengalami permasalahan pada kematangan emosi dan keputusan karier, adapun topik yang bisa digunakan yaitu cara mengelola emosi dan manfaat dari keputusan karier dll.
Copyrights © 2025