AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA
Vol. 3 No. 4 (2025): AL - KAFF: Jurnal Sosial Humaniora

STRATEGI PENGELOLAAN KELAS DALAM MENJAWAB TANTANGAN INKLUSIVITAS PEMBELAJARAN DI SDN SUKAKARYA 2

Sabiq, Dzulkifli (Unknown)
Gunandi, Gugun (Unknown)
Sri Utami, Irma Inesia (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Aug 2025

Abstract

Pengelolaan kelas yang efektif memegang peranan penting dalam menjawab tantangan pembelajaran inklusif, khususnya dalam memenuhi kebutuhan beragam peserta didik, termasuk anak-anak dengan kebutuhan khusus. Tujuannya adalah menciptakan suasana belajar yang adil dan nyaman bagi semua. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi literatur untuk menggali berbagai strategi yang dapat diterapkan oleh guru guna membangun lingkungan belajar yang inklusif serta mendorong keterlibatan aktif setiap siswa. Temuan penelitian menunjukkan bahwa strategi seperti instruksi yang terdiferensiasi, kerja sama antar siswa, serta penggunaan teknologi sebagai alat bantu pembelajaran, mampu meningkatkan partisipasi dan hasil belajar peserta didik. Selain itu, penelitian ini juga menyoroti pentingnya pelatihan yang memadai bagi para pendidik dan dukungan dari orang tua untuk memperkuat proses pembelajaran yang inklusif.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

al-kaff

Publisher

Subject

Religion Economics, Econometrics & Finance Education Mathematics Other

Description

AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA is an Indonesian language scientific journal portal published by the Faculty of Islamic Religion and Teacher Education and published four times a year in February, April, June, and December, with an open submission process throughout the year. All submitted ...