AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA
Vol. 3 No. 4 (2025): AL - KAFF: Jurnal Sosial Humaniora

PENGGUNAAN BUKU CERITA BERGAMBAR DALAM MENUMBUHKAN MINAT BACA PESERTA DIDIK KELAS III SDN PAMUNGGUAN

Nurasyifa, Tita (Unknown)
Asri Humaira, Megan (Unknown)
Firmansyah, Wilis (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi minat baca peserta didik kelas III SDN Pamungguan yang sudah tergolong cukup baik, namun masih membutuhkan penguatan agar lebih optimal. Salah satu cara yang dianggap potensial untuk meningkatkan minat baca adalah melalui penggunaan media yang menarik dan sesuai dengan karakteristik usia peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana buku cerita bergambar dapat berperan dalam menumbuhkan dan meningkatkan minat baca siswa. Metode yang digunakan adalah simple design research, yaitu pendekatan penelitian dengan desain sederhana yang langsung menguji penggunaan media pembelajaran dalam konteks nyata dan mengamati hasilnya. menggunakan Teknik observasi,wawancara dan dokumentasi serta menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku cerita bergambar mampu menarik perhatian peserta didik, meningkatkan antusiasme mereka dalam membaca, serta mendorong mereka untuk membaca lebih sering dan lebih lama. Dengan meningkatnya ketertarikan dan keterlibatan siswa dalam kegiatan membaca, dapat disimpulkan bahwa penggunaan buku cerita bergambar merupakan strategi yang efektif untuk menumbuhkan minat baca pada siswa sekolah dasar, khususnya kelas III di SDN Pamungguan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

al-kaff

Publisher

Subject

Religion Economics, Econometrics & Finance Education Mathematics Other

Description

AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA is an Indonesian language scientific journal portal published by the Faculty of Islamic Religion and Teacher Education and published four times a year in February, April, June, and December, with an open submission process throughout the year. All submitted ...