Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi minat baca peserta didik kelas III SDN Pamungguan yang sudah tergolong cukup baik, namun masih membutuhkan penguatan agar lebih optimal. Salah satu cara yang dianggap potensial untuk meningkatkan minat baca adalah melalui penggunaan media yang menarik dan sesuai dengan karakteristik usia peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana buku cerita bergambar dapat berperan dalam menumbuhkan dan meningkatkan minat baca siswa. Metode yang digunakan adalah simple design research, yaitu pendekatan penelitian dengan desain sederhana yang langsung menguji penggunaan media pembelajaran dalam konteks nyata dan mengamati hasilnya. menggunakan Teknik observasi,wawancara dan dokumentasi serta menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku cerita bergambar mampu menarik perhatian peserta didik, meningkatkan antusiasme mereka dalam membaca, serta mendorong mereka untuk membaca lebih sering dan lebih lama. Dengan meningkatnya ketertarikan dan keterlibatan siswa dalam kegiatan membaca, dapat disimpulkan bahwa penggunaan buku cerita bergambar merupakan strategi yang efektif untuk menumbuhkan minat baca pada siswa sekolah dasar, khususnya kelas III di SDN Pamungguan.
Copyrights © 2025