Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) dalam meningkatkan self-esteem siswa melalui intervensi layanan bimbingan konseling. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pre-eksperimental tipe one group pretest-posttest. Subjek dalam penelitian ini adalah sembilan siswa kelas X TKKR 2 SMK Negeri 6 Medan yang dipilih berdasarkan skor self-esteem terendah pada saat pretest. Intervensi dilakukan melalui empat sesi layanan bimbingan kelompok yang disusun berdasarkan prinsip-prinsip REBT. Data dianalisis menggunakan uji Wilcoxon Signed Ranked Test. Hasil analisis menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara skor self-esteem sebelum dan sesudah layanan, dengan nilai signifikansi sebesar 0,007 (p < 0,05). Temuan ini menunjukkan bahwa pendekatan REBT efektif dalam membantu siswa meningkatkan penghargaan terhadap diri sendiri dengan cara mengganti pola pikir irasional menjadi lebih rasional dan adaptif. Layanan Bimbingan Konselilng juga dapat digunakan sebagai salah satu bentuk intervensi yang mendukung perkembangan psikologis siswa, khususnya dalam hal membangun keyakinan positif terhadap diri sendiri.
Copyrights © 2025