MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika
Vol. 6 No. 1 (2025): MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika

Efektivitas Model Pembelajaran Auditory, Intelectually, dan Repetition (AIR) Berbantuan Powtoon terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa

Aprilia, Dita (Unknown)
Franita, Yesi (Unknown)
'Adna, Syita Fatih (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Aug 2025

Abstract

Dalam pembelajaran matematika, guru diharapkan dapat mengembangkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Namun, di lapangan kemampuan komunikasi matematis siswa dalam menyelesaikan masalah matematika masih rendah dan model pembelajaran yang digunakan kurang bervariasi. Lebih lanjut, keterlibatan siswa masih kurang selama pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis ketuntasan secara klasikal kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran AIR berbantuan Powtoon. Selain itu, tujuan lain penelitian ini yaitu menganalisis keefektifan model pembelajaran Auditory, Intellectually, dan Repetition (AIR) berbantuan Powtoon dibandingkan dengan model pembelajaran langsung terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Desain penelitian yang digunakan yaitu eksperimen semu (quasi experimental) berbentuk the nonequivalent posttest-only control group design. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII di salah satu MTs di Kota Magelang. Penentuan sampel menggunakan teknik cluster random sampling, diperoleh bahwa kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data yang diawali dengan melakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas (uji Liliefors) dan homogenitas (uji F). Kemudian analisis data awal dilakukan dengan menggunakan uji independent sample t-test dan data akhir dengan uji proporsi dan uji independent sample t-test. Hasil pengujian hipotesis pertama diperoleh bahwa , maka  diterima. Pada hipotesis kedua diperoleh bahwa , maka  ditolak. Berdasarkan hasil pengujian, maka kesimpulan yang didapat yakni 1) kemampuan komunikasi matematis siswa SMP kelas VIII yang diajar menggunakan model pembelajaran AIR berbantuan Powtoon mencapai ketuntasan secara klasikal 2) model pembelajaran AIR berbantuan Powtoon lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran langsung terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Pada penelitian selanjutnya, dapat mempertimbangkan model pembelajaran AIR dengan menggunakan media pembelajaran yang lebih bervariasi sehingga berdampak baik pada kemampuan komunikasi matematis siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

mathlocus

Publisher

Subject

Mathematics

Description

MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika menerbitkan penelitian artikel, ulasan artikel, dan studi kasus yang berfokus pada matematika dan pendidikan matematika. Ruang lingkup artikel yang terbit di MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika merupakan artikel dalam ...