Penelitian ini bertujuan untuk merancang media promosi wisata Hiu Paus di Desa Botubarani dalam bentuk T-shirt. Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode penciptaan melalui 4 tahap yaitu eksplorasi (mencari ide), perancangan (memvisualisasikan ide ke desain), perwujudan (merealisasikan desain ke produk) dan evaluasi (menguji kualitas produk). Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dokumnetasi. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan evaluasi yang telah dilakukan, semua T-shirt tersebut dianggap layak digunakan sebagai media promosi wisata Hiu Paus di Desa Botubarani Gorontalo. Oleh karena itu disarankan kepada pihak pengelola wisata Hiu Paus Desa Botubarani untuk memproduksi T-shirt yang telah dihasilkan dan menggunakannya sebagai media promosi.Kata Kunci: Perancangan, T-shirt, Promosi, Obyek Wisata Hiu PausĀ
Copyrights © 2025