Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis nilai-nilai pendidikan multikultural yang terdapat dalam buku teks Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas VIII SMP karya Tatik Pudjiani dan Bagus Mustakim cetakan tahun 2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode analisis isi. Data primer yang digunakan adalah isi buku teks, sedangkan data sekunder berasal dari artikel jurnal yang relevan. Fokus kajian meliputi nilai-nilai multikultural seperti toleransi, kesetaraan, keadilan, dan humanis yang terintegrasi dalam materi pelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku ini secara konsisten mengangkat nilai-nilai multikultural melalui pendekatan tematik, historis, dan kontekstual. Nilai toleransi ditemukan dalam Bab 2, 5, 6, dan 8; nilai kesetaraan dan keadilan muncul dalam Bab 5 dan 9; sementara nilai humanis tampak dalam Bab 1 dan 3. Buku ini juga mendukung pembentukan karakter siswa melalui rubrik reflektif seperti Aku Pelajar Pancasila, Inspirasiku, dan Mari Bertafakur. Meskipun demikian, ditemukan beberapa kelemahan seperti kurangnya eksplorasi nilai-nilai lokal dan isu kontemporer yang relevan dengan realitas generasi Z. Kesimpulannya, buku ini merupakan sarana potensial dalam membentuk peserta didik yang berwawasan multikultural, toleran, dan berkarakter inklusif sesuai semangat Kurikulum Merdeka dan Profil Pelajar Pancasila.
Copyrights © 2025