JURNAL ILMIAH EKONOMI, MANAJEMEN, BISNIS DAN AKUNTANSI
Vol. 2 No. 5 (2025): September

ANALISIS FAKTOR PERILAKU PEMBELIAN ASURANSI JIWA YANG DIMEDIASI INTENSI TERHADAP NASABAH DI JABODETABEK

Christopher Young (Unknown)
Setyo Ferry Wibowo (Unknown)
Nadya Fadillah F (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Aug 2025

Abstract

Tingkat penetrasi asuransi jiwa di Indonesia masih tergolong rendah, meskipun industri ini terus tumbuh dari sisi aset dan jumlah perusahaan. Fenomena ini menunjukkan adanya kesenjangan antara ketersediaan produk dan partisipasi masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi perilaku pembelian asuransi jiwa yang dimediasi oleh intensi, dengan fokus pada nasabah di wilayah Jabodetabek. Kerangka teori yang digunakan adalah Theory of Planned Behavior (TPB), yang mencakup tiga variabel utama: attitude, subjective norms dan perceived behavioural control. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode purposive sampling dan melibatkan 234 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjective norms dan perceived behavioural control berpengaruh positif dan signifikan terhadap intention to purchase, dan intention to purchase secara positif dan signifikan memengaruhi purchase behaviour. Intention to purchase juga memediasi secara positif dan signifikan pengaruh subjective norms dan perceived behavioural control terhadap perilaku pembelian. Namun, attitude tidak memiliki pengaruh yang positif dan signifikan baik secara langsung maupun tidak langsung terhadap purchase behaviour.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jemba

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

JURNAL ILMIAH EKONOMI, MANAJEMEN, BISNIS DAN AKUNTANSI Berfokus pada penerbitan artikel berkualitas tinggi yang didedikasikan untuk semua aspek Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi. Jurnal ini memberikan ruang bagi para peneliti untuk berdiskusi, mengejar dan meningkatkan pengetahuan di bidang ...