Terdapat tiga teori dalam penelitian ini. Ketiga teori tersebut digunakan dalam menganalisis dan membahas hasil temuan peneliti dalam penelitian ini. Pertama, keterampilan menulis teks tanggapan. Kedua, model Project Based Learning (PjBL) berbantuan media audiovisual. Ketiga, model pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah posttest only control group design. Sampel penelitian ini 34 orang untuk kelas eksperimen dan 34 orang untuk kelas kontrol. Sampel penelitian yang digunakan dipilih berdasarkan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian ini adalah tes unjuk kerja, yaitu tes keterampilan menulis teks tanggapan. Selanjutnya, data dianalisis dengan rumus persentase, rumus rata-rata hitung, uji persyaratan analisis data, dan uji-t. Berdasarkan penganalisisan data dan pembahasan, dapat disimpulkan tiga hal sebagai berikut. Pertama, keterampilan menulis teks tanggapan siswa kelas VII SMP Negeri 20 Padang menggunakan model Project Based Learning berbantuan media audiovisual berada pada kualifikasi Baik (B) dengan nilai rata-rata 80,27. Kedua, keterampilan menulis teks tanggapan siswa kelas VII SMP Negeri 20 Padang menggunakan model pembelajaran konvensional berada pada kualifikasi Cukup (C) dengan nilai rata-rata 56,50. Ketiga, berdasarkan uji-t hipotesis alternatif (H1) diterima pada taraf kepercayaan dan derajat kebebasan (dk) = (n-1) karena thitung > ttabel (8,63 > 1,697). Hal ini menujukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dalam penggunaan model Project Based Learning berbantuan media audiovisual terhadap keterampilan menulis teks tanggapan siswa kelas VII SMP Negeri 20 Padang. Penelitian ini dapat memperkaya kajian pembelajaran keterampilan menulis berbasis proyek pada level SMP dalam konteks Kurikulum Merdeka.
Copyrights © 2025