Arus Jurnal Pendidikan
Vol 5 No 2: Agustus (2025)

Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan terhadap Minat Belajar Berwirausaha Siswa Kelas Xi Di SMK Bisnis dan Teknologi Bekasi

Nabila, Cintya (Unknown)
Amalia, Ayu Nurul (Unknown)
Putrie, Chientya Annisa Rahman (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk; 1) Mengkaji dampak pembelajaran kewirausahaan terhadap motivasi siswa kelas XI SMK Bisnis dan Teknologi Bekasi dalam menekuni bidang kewirausahaan; 2) Tingkat kontribusi pendidikan kewirausahaan dalam membentuk minat belajar berwirausaha siswa. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tuntutan globalisasi dan perkembangan teknologi yang menuntut generasi muda memiliki kemampuan berwirausaha guna mendukung pembangunan ekonomi melalui sektor UMKM. Kondisi sekolah menunjukkan variasi minat belajar berwirausaha yang mendorong perlunya kajian ilmiah untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran kewirausahaan. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif asosiatif, dimana data dikumpulkan menggunakan instrumen kuesioner dan dianalisis memakai regresi linier sederhana melalui software SPSS versi 20. Temuan menunjukkan bahwa pembelajaran kewirausahaan secara signifikan memengaruhi minat siswa dalam berwirausaha, dibuktikan dengan nilai signifikansi di bawah 0,05 serta tingkat kontribusi variabel sebesar 27,2%, yang mengindikasikan kontribusi positif pendidikan kewirausahaan meskipun tidak dominan. Dapat disimpulkan pendidikan kewirausahaan penting untuk mendorong minat berwirausaha siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ajup

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Arus Jurnal Pendidikan atau di singkat dengan (Ajup) adalah jurnal ilmiah yang memuat artikel-artikel hasil-hasil penelitian, kajian literatur, review buku pada bidang pendidikan secara umum, pendidikan yang berkaitan dengan masalah pendidikan baik siswa, guru, sekolah. selain itu, media, metode, ...