Arus Jurnal Pendidikan
Vol 5 No 2: Agustus (2025)

Pengaruh Sosial Ekonomi Orang Tua terhadap Motivasi Belajar Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas VIII di SMP Islam Darul Mu’minin

Hasan, Maulana (Unknown)
Amaliah , Ayu Nurul (Unknown)
Widodo, Agung (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Mata Pelajaran Ips Siswa Kelas VIII Di SMP Islam Darul Mu’minin. Metode penelitian yang digunakan metode kuantitatif asosiatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh dengan jumlah sampel 89 siswa kelas VIII Mata Pelajaran Ips Siswa Kelas VIII Di SMP Islam Darul Mu’minin. Data yang digunakan adalah Analisis regresi linier sederhana. Berdasarkan data hasil penelitian yang telah diperoleh, maka peneliti dapat menarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kondisi sosial ekonomi orang tua terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Hasil analisis data menggunakan program SPSS versi 20 menunjukkan bahwa nilai t hitung sebesar 7,481 lebih besar daripada t tabel sebesar 1,987 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Hal ini mengindikasikan bahwa hipotesis yang menyatakan adanya pengaruh signifikan antara sosial ekonomi orang tua terhadap motivasi belajar siswa diterima.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ajup

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Arus Jurnal Pendidikan atau di singkat dengan (Ajup) adalah jurnal ilmiah yang memuat artikel-artikel hasil-hasil penelitian, kajian literatur, review buku pada bidang pendidikan secara umum, pendidikan yang berkaitan dengan masalah pendidikan baik siswa, guru, sekolah. selain itu, media, metode, ...