Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Project Based Learning (PjBL) pada materi Menggambar Teknik untuk siswa kelas X di SMK Negeri 1 Sogaeadu. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa dan kurangnya keterlibatan mereka dalam pembelajaran Menggambar Teknik, yang disebabkan oleh penggunaan LKPD yang kurang menarik, dominasi metode ceramah, dan kesulitan siswa dalam menghubungkan teori dengan praktik. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi) sebagai prosedur utama. Pada tahap analisis, ditemukan bahwa LKPD yang digunakan sebelumnya kurang menarik secara visual, mudah rusak, dan belum memfasilitasi keterlibatan aktif siswa. Oleh karena itu, peneliti merancang LKPD baru yang mengintegrasikan pendekatan PjBL untuk mendorong partisipasi aktif siswa, relevansi materi dengan dunia kerja, dan pengembangan keterampilan berpikir kritis. LKPD yang dikembangkan ini dirancang untuk memandu siswa secara sistematis dalam menyelesaikan proyek nyata, mulai dari merumuskan pertanyaan mendasar hingga refleksi dan umpan balik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan memiliki kualitas yang sangat baik dan siap digunakan. Berdasarkan validasi oleh para ahli, LKPD memperoleh skor rata-rata validitas sebesar 98%, dengan rincian 100% untuk aspek isi, 90% untuk aspek bahasa, dan 94% untuk aspek desain. Dari segi kepraktisan, evaluasi yang dilakukan oleh 29 siswa subjek uji coba menunjukkan skor 96,03%, yang masuk dalam kategori "sangat praktis". Sementara itu, tingkat efektivitas produk mencapai 84,48% berdasarkan hasil tes siswa, yang menunjukkan bahwa LKPD ini "sangat efektif" dalam meningkatkan hasil belajar. Dengan demikian, LKPD berbasis PjBL ini terbukti layak, praktis, dan efektif sebagai solusi untuk meningkatkan pembelajaran Menggambar Teknik di SMK Negeri 1 Sogaeadu.
Copyrights © 2025