Lensa: Jurnal Kependidikan Fisika
Vol. 13 No. 1: June 2025

Pengembangan Modul Berbasis Project Based Learning (PjBL) Berbantuan Assemblr Edu pada Mata Kuliah Rangkaian Elektronika.

Situmeang, Ivan Franztavia (Unknown)
Nehru, Nehru (Unknown)
Riantoni , Cicyn (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2025

Abstract

Penelitian Penelitian ini bertujuan mengembangkan modul pembelajaran berbasis Project Based Learning (PjBL) dengan bantuan platform digital Assemblr Edu pada mata kuliah Rangkaian Elektronika. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya pemahaman mahasiswa akibat keterbatasan bahan ajar dan dominannya metode ceramah dalam perkuliahan. Pengembangan modul dilakukan untuk menyediakan bahan ajar alternatif yang lebih interaktif dan mendukung pembelajaran aktif. Metode yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE, namun penelitian ini dibatasi hingga tahap pengembangan. Subjek uji coba adalah mahasiswa Pendidikan Fisika angkatan 2022. Data diperoleh melalui validasi ahli media, ahli materi, serta angket persepsi mahasiswa. Hasil validasi menunjukkan modul sangat layak digunakan dengan skor rata-rata 90,9% dari ahli media dan 82,14% dari ahli materi. Respon mahasiswa juga sangat baik, dengan skor 93% untuk perwajahan, 89% untuk kemenarikan, dan 93% untuk isi. Temuan ini menegaskan bahwa modul berbasis PjBL dengan visualisasi 3D melalui Assemblr Edu efektif dan layak digunakan sebagai bahan ajar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

Lensa

Publisher

Subject

Astronomy Chemistry Earth & Planetary Sciences Education Electrical & Electronics Engineering Energy Engineering Environmental Science Physics

Description

Lensa: Jurnal Kependidikan Fisika (J-LKF) published by the Physics Education Study Program UNDIKMA. J-LKF publishes every 6 months including the study of science and education in the field of physics specifically and natural and applied sciences in ...