Penelitian Penelitian ini bertujuan mengembangkan modul pembelajaran berbasis Project Based Learning (PjBL) dengan bantuan platform digital Assemblr Edu pada mata kuliah Rangkaian Elektronika. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya pemahaman mahasiswa akibat keterbatasan bahan ajar dan dominannya metode ceramah dalam perkuliahan. Pengembangan modul dilakukan untuk menyediakan bahan ajar alternatif yang lebih interaktif dan mendukung pembelajaran aktif. Metode yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE, namun penelitian ini dibatasi hingga tahap pengembangan. Subjek uji coba adalah mahasiswa Pendidikan Fisika angkatan 2022. Data diperoleh melalui validasi ahli media, ahli materi, serta angket persepsi mahasiswa. Hasil validasi menunjukkan modul sangat layak digunakan dengan skor rata-rata 90,9% dari ahli media dan 82,14% dari ahli materi. Respon mahasiswa juga sangat baik, dengan skor 93% untuk perwajahan, 89% untuk kemenarikan, dan 93% untuk isi. Temuan ini menegaskan bahwa modul berbasis PjBL dengan visualisasi 3D melalui Assemblr Edu efektif dan layak digunakan sebagai bahan ajar.
Copyrights © 2025