Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol. 5 No. 2 (2025): June-September 2025

Integrasi Al-Qur'an dan Sains dalam Pembelajaran MTK di MTs. Quranic Scientia

Fajri, Ilal (Unknown)
Jamiat, Ahmad (Unknown)
Andika, Rahmat Ramatul (Unknown)
Kosim, Muhammad (Unknown)
Zalnur, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi integrasi Al-Qur’an dan sains dalam pembelajaran Matematika di MTs Quranic Scientia. Fokus penelitian diarahkan pada tiga aspek utama: strategi guru dalam mengintegrasikan ayat-ayat Al-Qur’an ke dalam materi Matematika, bentuk penguatan konsep numerik berbasis ayat, serta model evaluasi dan refleksi nilai yang diterapkan dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi, lalu dianalisis secara tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi ayat dilakukan melalui tahapan pembuka spiritual, penguatan konsep, dan refleksi nilai, dengan penekanan pada keterkaitan antara konsep bilangan dan makna spiritual. Evaluasi tidak hanya bersifat kognitif, tetapi juga diarahkan pada refleksi nilai melalui jurnal digital dan diskusi. Penelitian ini merekomendasikan pengembangan perangkat ajar dan evaluasi nilai yang terstandar agar praktik integrasi nilai Qur’ani dapat diimplementasikan secara sistematis dalam pembelajaran Matematika.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

edusociety

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

The focus of the Edu Society: Journal of Education, Social Sciences, and Community Service is on various problems in the fields of Education, Social Sciences and Community Service, both as material objects and as formal objects. We invite scientists, academics, researchers, practitioners and ...