Era digitalisasi menjadi kebutuhan penting bagi Puskesmas untuk menerapkan pelayanan rekam medis elektronik yang dilakukan tepat waktu saat pengisian. Ketepatan waktu pengisian rekam medis di Puskesmas Salembaran Jaya kurang optimal dikarenakan kompetensi pertugas tidak sesuai berdampak lamanya waktu menunggu hasil rekam medis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap ketepatan waktu pengisian rekam medis elektronik implikasinya pada kepuasan pasien rawat jalan. Sampel sebanyak 100 orang pasien rawat jalan dilakukan teknik random sampling. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan analisis deskriptif dan verifikatif. Data dikumpulkan melalui kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis jalur. Hasil dari penelitian menunjukkan ada pengaruh langsung, signifikan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien melalui ketepatan waktu pengisian rekam medis elektronik dengan t hitung dari uji pengaruh mediasi 11,200 dan tingkat signifikansi 0,05. R Square kepuasan pasien dipengaruhi kualitas pelayanan dan ketepatan waktu pengisian rekam medis elektronik sebesar 79,8 % dan sisanya 20,2 % dipengaruhi variabel luar. Hasil dari analisis jalur, pengaruh langsung lebih besar dari pengaruh tidak langsung sebesar 74,8% > 71,9%. Untuk meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat secara prima, dibutuhkan adanya strategi yang terintegrasi dengan baik melibatkan seluruh unit kerja.
Copyrights © 2025